.

Senin, 17 Desember 2012

Pantaskah JKT48 / AKB48 / Group48 di-Idolakan ?




 

AKB48...sebuah group idol asal Jepang. AKB ? Idol Group ? 48 ? Apa itu ?
Apa bedanya sih mereka dengan Girlband-Girlband pada umumnya ? Kayaknya sama-sama aja (pada awalnya). Sebuah group dengan beberapa cewek, berpakaian seksi, joget-joget di panggung.


Tapi coba lihat dari point2 yang akan diberitahukan disini apa perbedaannya

1. Jumlah anggota yang sangat banyak :
AKB48 bahkan tercatat dalam buku record dunia Guiness Book of Record sebagai Group Idol dengan jumlah personil terbanyak. Dengan personil sejumlah 48 orang,
terbagi menjadi 3 team besar, Team A, Team K dan Team B. Bagaimana cara memanage 48 orang dengan kepribadian yang berbeda-beda ? Produser Atsushi Akimoto adalah seorang yang jenius. Hanya dengan konsep "Semangat, tidak mudah menyerah dan mau belajar", beliau bisa menyatukan visi dari ke-48 orang membernya. 

Selain ke-48 member, masih ada team 4, yaitu team yang dipersiapkan untuk menggantikan posisi seniornya di Team A, Team K atau Team B. Selain itu juga, AKB48 memiliki 4 sisters Group di daratan Jepang sendiri yaitu SKE48, HKT48, NMB48 dan SDN48. Dan sister group pertama diluar jepang adalah JKT48 yang bermarkas di Jakarta, Indonesia.
( Yang seharusnya membuat Indonesia bangga karena dari sekian banyak negara di Asia yang mencalonkan diri seperti Hongkong, Singapore, Thailand, Philiphines, Vietnam dan Myanmar, Indonesia lah yang terpilih oleh AKB48 Management, Japan. Bukan malah justru menuduh plagiat, niru, mendompleng ketenaran, dll ..)

2. Kekompakan dan saling membantu sesama member
Ibarat sebuah team sepak bola, AKB48 tidak mungkin bisa maju bila hanya mengandalkan individual skill. Tiap manusia pasti ada kekurangannya. Kekurangan 1 orang, bisa disupport oleh banyak orang. Tapi kelebihan orang itu, pasti bisa mensupport member lain. Karena itu seluruh personil AKB48 sangat dekat satu dengan lainnya. Tidak ada saling menjatuhkan.


3. Konsep "Idol You Can Meet Everyday"

Konsep yang sungguh "nyeleneh". Biasanya yang namanya selebriti selalu hidup dalam kemewahan, eksklusif dan tertutup. Tapi berbeda dengan AKB48, para fans bisa langsung menemui mereka di gedung theater AKB48 di Tokyo. Bahkan bukan tidak mungkin bisa bercakap-cakap atau sekedar shakehand atau berfoto bersama. Dari konsep ini, muncullah kecintaanku yang berikutnya yaitu :

4. Dekat dengan para fansnya.
 
Setiap mereka mengadakan konser, sebelum dimulai, para personil AKB48 datang menghampiri para fans yang mengantri masuk ke gedung pertunjukkan dan memberikan salam sambil mengucapkan terima kasih sudah mau datang. Bahkan tidak jarang pula justru para personilnya ini yang menjaga pintu masuk sekaligus yang menyobek tiket para fans yang datang menonton konser mereka. Sungguh luar biasa. Karena menurut mereka, tanpa adanya fans, mereka bukanlah apa-apa. Karena itu mereka sangat senang untuk bertemu dengan para fans dari seluruh dunia.

5. Semua personil AKB48 bertalenta.
Inilah yang membuat AKB48 tidak bisa disebut dengan Girl Band, karena konsep mereka adalah Idol Group. Mereka bisa segalanya yang berhubungan dengan dunia entertainment. Tidak hanya menyanyi saja, hampir seluruh personil pernah terlibat dalam film, baik dorama maupun film layar lebar. Selain itu, beberapa dari mereka sering menjadi MC dalam pertunjukkan-pertunjukkan atau live show seperti siaran olahraga tingkat dunia. Beberapa ada yang menjadi bintang iklan, foto model majalah, model video clip. Dan setiap personil dibekali dengan kemampuan Public Speaking, karena itu setiap penampilan mereka, MC yang membawakan acara bisa berbeda-beda. Bahkan salah satu personil AKB48, Shinoda Mariko telah menerbitkan majalahnya sendiri dan bercita-cita ingin menjadi seorang sutradara.
 
6. FANS AKB48 yang sangat sopan dan terpelajar
Tidak pernah aku melihat dalam konser AKB48, meet and greet bahkan pada saat kedatangan Idol mereka ini di bandara, ada fans yang berteriak-teriak kesetanan hingga histeris, atau berbuat anarkis dengan berusaha memegang-megang idolanya atau hingga menyakiti mereka ketika sedang lewat. Fans AKB48 atau sering disebut Wota AKB48 ( Otaku Idol ), seluruhnya sopan, dewasa dan sangat bersahabat. Mungkin karena konsep "Idol you can meet" yang dicetuskan oleh Akimoto, tidak ada lagi fans yang merasa sulit untuk bertemu dengan idola mereka ini. Konsep yang sangat brilian menurut saya.
 
7. Berdisiplin tinggi.
Setiap sebelum mulai konser, mereka selalu mengadakan briefing seluruh anggota di sebuah ruangan besar,di pimpin oleh Kapten Team, entah berdoa bersama atau mengeluarkan unek2 sambil bergandengan tangan. Sebab diatas panggung nanti, tidak boleh ada kesalahan dan diatas panggung mereka bukanlah individu lagi melainkan satu kesatuan...AKB48
 
8. Adil, setara dan penghargaan dari management.
Setiap personil AKB48 mendapatkan kesempatan yang sama untuk tampil dalam PV atau di atas panggung. Oleh karena jumlahnya yang besar, maka kesempatan untuk tampil itu dengan cara polling dari penggemar. Atau mulai tahun 2009, mulai diadakan kompetisi Jankenpon di antara para personil untuk memilih personil siapa yang akan menjadi center dalam single berikutnya. Tahun ini kompetisi Janken dimenangkan oleh Shinoda Mariko. Karena itu lah single terbaru AKB48 berjudul Ue Kara Mariko. Selain kompetisi Jankenpon, para fans juga diajak ikut berpartisipasi dalam ajang yang disebut Senbatsu. Pemilihan anggota terfavorit, untuk ikut masuk ke dalam single maupun pembuatan PV melalui polling dari pilihan para fans.

Di antara 48 member ada 9 orang yang hampir selalu ada dalam nominasi Senbatsu, Mereka adalah Maeda Atsuko, Shinoda Mariko, Kojima Haruna dan Takahashi Minami ( Team A ), Oshima Yuko, Miyazawa Sae dan Itano Tomomi ( Team K ), Kashiwagi Yuki dan Watanabe Mayu ( Team B ).


( Foto Kiri-kanan : Kashiwagi Yuki, Shinoda Mariko, Watanabe Mayu, Oshima Yuko, Maeda Atsuko, Takahashi Minami, Kojima Haruna, Itano Tomomi, Miyazawa Sae )

9. Kesombongan pantangan dalam group.
Meskipun dari sekian banyak member AKB48, beberapa ada yang sudah terkenal sebagai bintang film. Contohnya Atsuko Maeda dan Yuko Oshima. Meskipun mereka disibukkan oleh jadwal syuting, mereka tidak pernah melupakan bahwa keberhasilan mereka berasal dari AKB48. Mereka lebih mendahulukan konser AKB48 ataupun jumpa fans AKB48 dibandingkan jadwal syuting untuk dorama maupun film.

10. Pencapaian Prestasi yang luar biasa.
Tahun 2011 ini AKB48 mencatatkan 5 rekor penjualan single di peringkat 1 s/d 5 chart Jepang dengan penjualan single diatas 1 juta copy di minggu pertama setelah launching. Prestasi yang sangat luar biasa. Bahkan prestasi mereka ini memecahkan rekor yang telah bertahan selama 12 tahun yang dipegang oleh GB SPEED, senior mereka di awal tahun 2000-an. Ditambah lagi, AKB48 telah go International dengan mengadakan beberapa konser di luar negeri mulai dari Perancis, Taiwan, Hong kong, Singapore dan New York, Amerika Serikat.
 
11. Rasa solidaritas yang tinggi.
Setiap member AKB48 merasa sudah seperti keluarga sendiri. Karena itu lah apabila ada seseorang member yang terkena musibah atau harus mengundurkan diri dari group, hampir seluruh personil bisa menangis beramai-ramai pada saat upacara kelulusan ( istilah pengunduran diri dari member ). Dan AKB48 selalu menggelar konser perpisahan dengan salah satu anggotanya yang akan graduate.

Foto ini adalah upacara pelepasan sekaligus konser terakhir dari personil Team K, Ono Erena yang lulus di tahun 2011, karena ingin fokus melanjutkan studinya ke luar negeri. Selayaknya sebuah konser besar,konser ini dihadiri oleh seluruh personil AKB48 termasuk produser dan Chairman, Akimoto Yasushi. Dan selayaknya upacara wisuda, personil yang lulus diberikan sertifikat kelulusan dari AKB48 Academy. Dan para fans yang hadir pun diberikan kesempatan untuk bersalaman sekaligus mengucapkan salam perpisahan dengan personil yang bersangkutan. Sungguh suatu penghargaan yang luar biasa.
(Jika ada anggota yang keluar AKB48 tidak mengadakan audisi lagi melainkan anggota dari team traine yang akan menggantikannya).

12. Menyapa fansnya tidak hanya melalui konser.
AKB48 memiliki banyak sekali acara talk show maupun games show seperti AKBINGO yang melibatkan seluruh personilnya dan rutin ditayangkan seminggu sekali di salah satu channel televisi Jepang. Karena itulah AKB48 semakin dekat dengan fansnya, karena dalam acara ini benar-benar dibuka bagaimana keseharian para personilnya, sifat-sifat jeleknya, dsb. Selain itu, AKB48 SHOP dan Cafe juga membuka cabang di beberapa belahan Asia seperti Singapore dan Hongkong. Dan setiap tahun sekali, para member AKB48 datang ke tempat ini untuk temu fans maupun melakukan mini concert di sini. Dan satu lagi, dengan aktifnya Google+, setiap member AKB48 menyapa fansnya lewat situs jejaring baru ini dan setiap harinya mereka mengupdate status mereka supaya para fans mengetahui aktivitas dari idola mereka masing-masing.

13. AKB48 dipimpin dan dibentuk oleh seorang seniman yang sangat berdedikasi tinggi dan seorang sangat jenius.


Hampir seluruh lagu yang dinyanyikan dan menjadi HITS adalah hasil karya beliau, Akimoto Yasushi. Konsep "The Idol You Can Meet Everyday" juga adalah hasil pemikiran beliau di tahun 2005, ketika pertama kali mendirikan AKIHABARA 48. 

Sampai saat ini, Akimoto sendiri masih menjadi team seleksi dari setiap member yang tergabung dalam naungan AKB48 Management. Termasuk ketika proses Audisi untuk JKT48, beliau sendiri datang ke Jakarta untuk melakukan audisi. Pemikiran beliau yang sangat bijaksana selalu mengatakan, "There is no perfect girl in AKB48 or the sister group". Tidak ada satupun personil AKB48 ataupun sister groupnya yang sempurna. Segalanya hanya bisa dicapai dengan kerja keras, keringat, air mata serta kemauan dan semangat untuk belajar dari masing-masing personil.

Sehari-hari, Akimoto Yasushi yang lahir pada tanggal 2 Mei 1956, adalah seorang Profesor sekaligus dosen dan Vice President dari Kyoto University of Art & Design. Setelah beliau memperkenalkan sekaligus launching Sister Group AKB48 pertama di luar Jepang, yaitu JKT48, Jakarta, Indonesia, beliau berencana untuk memperkenalkan Sister Group ke dua yaitu. TPE48 ( Taipei, Taiwan ) di tahun 2012 ini.

"AKB48 IDOL GROUP FROM AKIHABARA TOKYO, READY TO TAKE ON THE WORLD"

AKB48 adalah sebuah idol group yang diciptakan oleh Akimoto Yasushi pada tahun 2005 dengan konsep 'idols you can meet'.
Apa maksudnya? Pernahkah suatu ketika anda melihat artis idola anda di televisi atau majalah, anda hanya bisa berkhayal dan berkata pada diri anda sendiri, "Bisa gak ya suatu saat saya ketemu sama dia? Ngobrol, salaman, kasih hadiah, minta tandatangan, dsb" Tentu saja sulit bukan? Bayangin jadwal kesibukan seorang artis seperti apa, kita juga jarang tahu sang artis itu lagi dimana saat ini, kalau pun ketemu bisa dibayangin bodyguard berbadan besar segera siap melempar anda ke got terdekat ketika anda menghampiri dalam jangkauan sekian meter.
Nah, Akimoto Yasuhi (lebih akrab dikenal Aki-P / Yasusu) melihat celah kekurangan ini dan membuat sebuah ide cerdas yakni membuat sebuah idol grup yg bisa anda temui setiap hari. Ya, setiap hari! Bagaimana caranya? Dengan memberi artisnya tempat rutin untuk tampil sehingga fans bisa datang sendiri ketika mereka mau/sempat. Letak 'tempat pertemuan' ini akhirnya diputuskan berada di Lantai 8 gedung Don Quijote (DonQ), Akihabara. Enam tahun berselang, tidak pernah ada yg menyangka grup idola yg dia ciptakan akan menjelma dari 'pasukan penjaja celana dalam' (ejekan untuk mereka saat itu) menjadi sebuah fenomena sosial baru di Jepang saat ini

Berhubung sekarang telah dibentuk JKT48 sebagai cabang baru lokal, saya melihat ada gelombang fans baru yg ingin tahu latar belakang AKB48 dan sister grup lokalnya JKT48, serta tentu saja barisan haters yg mungkin terbentuk karena salah info tentang konsep Office48. Untuk itulah saya coba membuat beberapa tulisan (tentu sebatas pengetahuan saya) ttg bbrp pertanyaan yg mungkin muncul dari benak newcomers/haters.

1. Apakah JKT48 adalah resmi atau plagiat?
Kalau anda membuka web resmi AKB48 (www.akb48.co.jp) anda akan menemukan link web JKT48 di sisi kiri, apakah plagiator akan diberi tempat di web resmi korbannya?

2. Apakah 48 menunjukan jumlah anggotanya? (note; ini yg paling penting)
Ini adalah salah satu kesalahan umum yg paling sering terjadi, bahkan diantara mereka yg sudah lama mengikuti AKB48 sekalipun. Angka 48 TIDAK PERNAH diambil dari rencana jumlah anggota yg akan dibentuk Aki-P pada waktu itu. Angka tersebut diambil dari nama boss Office48, Shiba Kotaro (Shi=4, Ba=8). Bahkan sebenarnya sekarang member dari seluruh 48 family itu sudah mencapai ratusan orang!

3. Ini mau nyanyi apa demo rame amat?
Kalau anda membaca prolog diatas maka anda akan tahu kalau AKB48 pada awalnya adalah grup berbasis teater, bukan pop grup murni. Mereka harus tampil setiap hari di teater DonQ, bahkan di akhir pekan mereka harus tampil 3 kali dalam sehari, membawakan Stage yg sedang berjalan waktu itu.

Sekarang bayangkan kalau seandainya jumlah mereka cuma 5-7 orang (anggap aja seperti umumnya jumlah band negeri seberang) dan jadwal tampilnya seperti itu. Belum lagi dihitung jadwal sekolah/kuliah. Saya rasa dalam setahun 1 member akan mengundurkan diri, 2 member disuruh pensiun oleh orang tuanya, 1 member orang tuanya mengadu ke Komisi Anak karena kasus perbudakan bawah umur, dan 3 sisanya meninggal karena tipes. Jadi ada alasan yg sangat jelas dan sangat rasional dari jumlah mereka yang banyak.

4. Apa itu Teater? Apa itu Stage? Gosipnya JKT48 bakal punya Teater sendiri?
 
Teater adalah tempat para member menampilkan Stage mereka. Yang membawa kita ke pertanyaan berikut, apa itu Stage? Stage adalah susunan lagu yg sama yg dimainkan untuk jangka waktu tertentu di teater.

Saya kasih contoh pengandaian, katakanlah ada Stage J-1, isinya sbb: lagu A, lagu B, lagu C, lagu D, lagu E. Nah selama jadwal di teaternya tertulis hari itu akan dipentaskan Stage J-1, maka yg kalian tonton di teater akan selalu lagu A-E, biarpun kalian datang beda hari nontonnya lagunya diulang-ulang itu lagi. Analogi lebih gampang lagi, anggap saja teater itu bioskop, selama di papan jadwalnya adalah film AAA maka kalian datang dapetnya ya nonton film tersebut. Nah satu Stage ini biasanya dikasih waktu berjalan beberapa bulan (pada kondisi normal), baru setelahnya diganti menjadi Stage J-2 dengan setlist lagu yg baru.

Lalu apakah JKT48 akan mempunya Teater mereka sendiri? THEY BETTER DO!
Karena buat saya inti dari musik 48 family adalah lagu Stage mereka bukan lagu single mereka. Amen to that!

5. Group48 menggunakan seks sebagai nilai jual mereka? (note; ini yg banyak diributkan, jd wajib baca)
 
Itulah yg terjadi ketika Anda cuma melihat AKB48 & co. CUMA DARI HEAVY ROTATION!
Hebirote (note; singkatan Heavy Rotation) adalah lagu yg sangat fenomenal, lagu ini menjelma menjadi lagu yg sangat iconiq buat AKB48, tapi bukan berarti itu adalah cerminan AKB48 secara keseluruhan. Tahukah anda kalau 48 family itu punya 400 lebih lagu? Kalau anda ingin lebih lanjut mendalami mereka saya anjurkan anda mendengarkan lagu-lagu Stage. Anda akan terkejut ketika menyadari bahwa idol group yg Anda anggap ecek-ecek (dan esek-esek) ini ternyata punya begitu banyak lagu multi tema dan multi genre.

6. Kualitas mereka dipertanyakan? (note; Point ini bisa menjadi gambaran umum tentang Idol grup itu sendiri)
Ngak usah jauh-jauh, AKB48 yg sangat terkenal sekarang itu aja gak ada satupun yg bisa menyanyi seperti Celine Dion atau Whitney Houston kok.

Kenapa begitu? Karena memang di dalam sebuah konsep idol group kemampuan bernyanyi bukanlah yg nomor satu. Ciri khas idol group jepang itu justru banyak membernya yg nyanyi sember, dancenya memble, kalo ngomong grogi gak jelas, giginya miring, matanya juling, dsb... LOL
Terus apanya yg mau dijual kalo begitu? Nah, ini dia bedanya punya negeri sakura dengan negeri ginseng. Kalo di Korea mereka menjual PRODUK, tapi di Jepang mereka menjual PROSES. Ketika anda melihat seseorang yg punya banyak kekurangan tapi tetap menunjukan kemauan keras untuk semakin membaik, tidak kah hal itu menyentuh hati anda? Tidak kah hal itu membuat anda ingin mendukung mereka? (inilah cikal bakal dari istilah oshimen = oshi member = member yg didukung)

Disitulah nilai jual idol group jepang, dimana selain kita dibuat tertarik ingin mengikuti perjuangan dan perubahan mereka, kita sendiri juga seperti diajari bahwa sebagai org yg juga tidak sempurna, kita jangan sampai kalah semangat dengan mereka. Growing up together with the fans, isn't that great?
 
 
 
 Sumber : AKB48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar